Sabtu, 07 Juni 2014

7 Tahun Menjadi Blogger

Menjadi seorang blogger dan memiliki blog yang disukai dan dibaca banyak orang tidak pernah menjadi impian saya sejak pertama kali berkenalan dengan internet. Dulu, internet sama saja dengan download lagu, download wallpaper komputer dan facebook.

Mengambil nama online Dearryk, saya membangun blog sejak masih SMP hingga saat ini akan kuliah. Awalnya semangat dalam ngeblog pasang surut, tapi seiring waktu, keinginan itu mulai terbangun bagai pondasi kokoh bangunan pencakar langit.

Dearryk.Com


Teknik SEO

Search Engine Optimization (SEO) atau optimasi mesin pencari adalah salah satu hal dasar yang harus dimiliki seorang blogger. Teknik tentang bagaimana memaksa mesin pencari melakukan index pada blog kita, membuatnya tampil paling atas pada hasil pencariannya lalu membuat pengunjung berdatangan.

Teknik SEO 2014 makin berkembang ke arah yang "lebih baik" dimana para blogger harus berpikir lebih keras jika ingin blognya tampil sebagai hasil pencarian teratas, misalnya saja Dearryk.Com yang selalu dioptimasi. 

Copywriting

Copywriting adalah teknik menulis yang awalnya digunakan dalam pemasaran (marketing), tapi karena di internet pun uang bisa dihasilkan, maka teknik menulis ini pun sudah banyak diterapkan oleh para Internet Marketer bahkan sampai blogger biasa.

Copywriting 2014 sepertinya masih sama seperti tahun lalu, bahkan karena algoritma baru Google, teknik menulis copywriting semakin diperhitungkan oleh para blogger sebagai SEO alami yang lebih terlihat narutal di mata robot crawl mesin pencari.

Backlinks

Backlinks secara sederhana adalah link yang mengarah ke blog kita, misalnya saja ke Dearryk.Com. Banyak yang mengatakan bahwa masa-masa kejayaan backlinks sudah habis. Tentu hal ini tidak sepenuhnya benar, tapi tidak sepenuhnya salah juga.

Bagian backlinks yang sudah mati adalah teknik spamming untuk mendapat ratusan backlinks dalam waktu terlalu singkat. Backlinks 2014 lebih ditekankan pada kualitas backlinks itu sendiri dan bagaimana kerangka backlinks tersebut hingga bisa membangun jaringan yang kuat untuk menopang blog utama.

Make Money Online

Make Money Online adalah bagaimana menghasilkan uang lewat aktivitas online. Misalnya dengan menjual produk secara online, menjual jasa secara online atau menyewakan tempat memasang iklan di blog. Fenomena yang sudah ada sejak lama bahkan pernah sangat booming beberapa tahun lalu.

Make Money Online 2014 bisa dikatakan "lebih sulit", apalagi bagi ornag yang tidak bisa berinovasi dan masih mengandalkan teknik lama yang sudah usang. Menemukan teknik-teknik baru yang lebih sederhana dan "jujur" terkadang bisa mendatangkan lebih banyak uang.

Google Adsense

Google Adsense adalah program milik Google yang paling terkenal dalam Make Money Online. Program ini membayar setiap blogger yang memasang iklan Adsense di blognya dan seseorang melakukan klik pada iklan tersebut.

Tahun ini, Google Adsense 2014 tidak ada banyak perubahan besar. Tinggal bagaimana saja cara kreatif untuk terus menghasilkan lebih banyak dan banyak uang lagi. Ingat, selalu jujur dalam bekerja tanpa harus curang.

Template / Theme

Template / Theme menjadi bagian penting dalam sebuah blog, bagaimana tampilan sebuah situs menentukan apakah pengunjung akan mau kembali berkunjung atau tidak. Ini juga berpengaruh pada mesin pencari, apakah template / theme membuat blog lebih baik atau justru lebih buruk.

Bisnis jualan Template / Theme premium menjadi bisnis yang cukup laris. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya template / theme premium yang dijual di forum bisnis online dengan harga yang lumayan tinggi. Tentunya disertai dengan kualitas yang baik pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar